Senin, 15 Juli 2013

MAKNA GENDING RARE (BEBEKE PUTIH JAMBUL)

"Bebeke Putih Jambul Makeber Ngajekanginang, Teked Ngaje Kangingan Ditu Tuun Jak Mekejang, Briak-Briuk Mesilemang Jak Mekejang”

Gending rare polos ini sering dinyanyikan oleh kakek/nenek dimasa lampau kepada cucunya tetapi kita seringkali menyepelekanya padahal memiliki  makna filosofis beragama Hindu yg dalam.
Bebek warna putih berisi jambul simbol kesucian, bebek merupakan binatang unggas yg memiliki keistimewaan hidupnya bisa diair di tanah dan diudara, tidak pernah berkelahi dengan sesamanya ataupun dengan yang lain.
Warna Putih kalau dalam arah Dewata Nawa Sanga warna putih arah timur dewa iswara senjatanya bajra ibaratkan pendeta suci  (pedanda, pemangku dll) yang memakai pakean putih mengunakan bajra dalam proses ritual keagamaan  .Jambul ibaratkan iketan rambut sulinggih  (pedanda siwa) diikat oleh sesana kawikon dimana dalam melaksanakan perbuatan di bumi ini dalam arti luas selalu berkata berpikir dan bertingkahlaku yg suci sesuai dengan ajaran agama.
“Mekeber ngaje kanginang” artinya menuju arah yang sangat disucikan oleh umat Hindu yaitu arah Ersania, biasanya orang bali membuat merajan tentu letak lokasinya kaje kangin (timur laut). Tidak mungkin membuat pamerajan di arag kelod kauh (barat daya) 
“Teked ngajekanginang ditu tuun jak mekejan” setelah sampai ditempat suci maka umat Hindu turun bersama-sama melaksanakan tugas swadharmanya masing-masing, contoh karya besar di Pura Besakih Panca Bali Krama pasti umat Hindu hadir untuk ngayah secara tulus dan ikalas mensukseskan karya yadnya tersebut. 
“Briak-Beriuk Masileman” artinya yang dicarai oleh umat Hindu diseluruh dunia yaitu air suci, di bali yaitu dikenal dengan metirte melukat agar mendapatkan ketenangan, kesehatan kesucian lahir dan batin.  Begitu hebatnya leluhur orang Bali membuat “geguritan” maka dari itu mari bersama-sama lestarikan budaya Bali yg dijiwai oleh ajaran agama Hindu dan pahami hakikat kebenarannya.

2 komentar:

kadek sumitra mengatakan...

sucipta.. melah gati blog ge...
hehehehhhh

I Komang Sucipta mengatakan...

suksma mbok...hehehehehe, mare melajah ney mbok!!!!
engkenang crane ngae tulisan ane berwarna tow???

Poskan Komentar